Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Apabila musim penghujan tiba, maka akan ada banyak mundul jamur di pohon-pohon. Dengan melihat fenomena ini, maka cara budidaya jamur tiram putih tidak jauh berbeda dengan jamur-jamur yag tumbuh di pohon tersebut.

Sehingga untuk membudidayakan jamur, dibutuhkan media berupa serbuk kayu. Serbuk kayu ini digunakan untuk memberikan media bagi miselenium yang terdapat dalam jamur.

Kenapa cara budidaya jamur tiram putih saat ini sedang gencar dibahas? Jamur tiram putih pada dasarnya banyak mengandung unsur yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baik mineral, vitamin maupun karbohidrat, lemak dan protein. Maka tidak heran, jika anda sedang menjalani program vegetarian, biasanya menu yang banyak diolah adalah jamur tiram putih ini. Kandungan protein yang dimiliki tinggi, namun lemaknya rendah.

Pada dasarnya tidak banyak media yang dibutuhkan sebagai cara budidaya jamur tiram putih ini. Karena tanaman ini dapat tumbuh dimana-mana.

Cukup berikan serbuk kayu atau serbuk gergaji sebagai media setelah dicampur beberapa media konsentrat lain seperti ampas tebu dan lainnya.

Letakkan saja media tersebut dalam polybag atau kantung plastic. Hanya yang perlu diketahui adalah jamur ini menyukai cuaca yang lembab. Jadi berikan air yang cukup pada tanaman-tanaman tersebut.

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Agar cara budidaya jamur tiram putih ini lebih berhasil, maka anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Cahaya matahari

Agar lebih tumbuh dengan optimal, maka sedapat mungkin jamur harus terlindung dari cahaya matahari. Karena semakin banyak cahaya matahari, kelembaban udara akan hilang.

Udara

Meskipun tidak begitu tahan dengan sinar matahari, tapi jangan menghalangi sirkulasi tanaman jamur ini.

Jika sirkulasi terhalang, maka tanaman tidak akan banyak mendapatkan oksigen. Semakin sedikit oksigen yang diperoleh, maka tumbuh kembang tanaman juga terhambat.

Mikroorganisme

Mikroorganisme dalam media ini pada dasarnya membantu kesuburan tanah. Sehingga semakin subur tanah, jamur akan berkembang biak secara optimal.

PH media

Jangan membuat media yang terlalu basa atau asam. Karena jamur akan subur pada media yang normal, atau mendekati PH 7.

Suhu

Dibutuhkan kesejukan bagi jamur tiram putih ini. Sering-seringlah menyiram, atau pasang sprinkle otomatis yang akan menyiram setiap berapa jam sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.